0

Pentingnya Memeriksa Tekanan Darah Sebelum Mencabut Gigi

Posted by Unknown on 06.33

Pentingnya Memeriksa Tekanan Darah Sebelum Mencabut Gigi

Apa itu tekanan darah?
Tekanan darah yaitu tekanan yang dialami darah pada pembuluh arteri ketika darah dipompa oleh jantung ke seluruh anggota tubuh manusia.
Alat untuk memeriksa tekanan darah disebut sphigmomanometer atau dikenal juga dengantensimeter.

Setelah melakukan pengukuran tekanan darah menggunakan tensimeter didapat dua angka misalnya 140/90 maka artinya 140/90 mmHg. . Angka pertama (140) menunjukkan tekanan ke atas pembuluh arteri akibat denyutan jantung atau pada saat jantung berdenyut atau berdetak, dan disebut tekanan sistolik atau sering disebut tekanan atas. Angka kedua (90) menunjukkan tekanan saat jantung beristirahat di antara pemompaan, dan disebut tekanan diastolik atau sering juga disebut tekanan bawah.
Berikut ini penggolongan tekanan darah berdasarkan angka hasil pengukuran dengan tensimeter untuk tekanan sistolik dan diastolik:
Tekanan DarahSistolik 
(angka pertama)
Diastolik 
(angka kedua)
Darah rendah atau hipotensiDi bawah 90Di bawah 60
Normal90 – 12060 – 80
Pre-hipertensi120 – 14080 – 90
Darah tinggi atau hipertensi(stadium 1)140 – 16090 – 100
Darah tinggi atau hipertensi(stadium 2 / berbahaya)Di atas 160Di atas 100
Pengukuran Tekanan Darah
Pengukuran tekanan darah dilakukan dengan memasang manset (karet yang dibungkus kain) di lengan atas, kira – kira 4 cm diatas lipatan siku. Jari tangan kiri diletakkan di lipatan siku untuk meraba denyut pembuluh nadi lalu , pompa karet ditekan dengan tangan kanan agar udara masuk kedalam, sampai denyut pembuluh tidak teraba lagi. Kemudian, stetoskop dipasang di lipatan siku sambil ventil putar dibuka sedikit demi sedikit secara perlahan untuk menurunkan tekanan udara dalam manset. Dengan memperhatikan turunnya air raksa pada silinderpetunjuk tekan manometer (yang menunjukkan tekanan dalam manset), telinga mendengarkan bunyi denyut nadi dengan bantuan stetoskop.
Penyebab Hipertensi
Faktor yang sering menyebabkan terjadinya hipertensi antara lain:
1. Faktor Keturunan
Dari data statistik terbukti bahwa seseorang akan memiliki kemungkinan lebih besar untuk mendapatkan hipertensi jika orang tuanya adalah penderita hipertensi
2. Ciri Perseorangan
Ciri perseorangan yang mempengaruhi timbulnya hipertensi adalah umur, jenis kelamin, dan ras. Umur bertambah menyebabkan terjadinya hipertensi. Tekanan darah pria umumnya lebih tinggi daripada wanita. Di Amerika Prevalensi hipertensi pada orang kulit hitam hampir dua kali lebih banyak dibandingkan dengan orang kulit putih.
3. Kebiasaan Hidup
Kebiasaan Hidup yang sering menyebabkan timbulnya hipertensi adalah konsumsi garam yang tinggi, kegemukan atau makan berlebihan, stres, dan pengaruh lain ( merokok, minum alkohol, minum obat-obatan ).
Pencegahan Hipertensi
Agar terhindar dari komplikasi fatal hipertensi, harus diambil tindakan pencegahan yang baik (stop high blood pressure), antara lain dengan cara sebagai berikut :
1. Mengurangi konsumsi garam
2. Menghindari kegemukan (obesitas)
3. Membatasi konsumsi lemak
4. Olahraga teratur
5. Makan banyak buah dan sayuran segar
6. Tidak merokok dan tidak minum alkohol
7. Latihan relaksasi atau meditasi
8. Berusaha membina hidup yang positif
Pentingnya Memeriksakan Tekanan Darah sebelum Mencabut Gigi
Sebelum pencabutan gigi pentingnya pengukuran tekanan darah karena :
Untuk kepentingan anastesi. Apabila seseorang memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi) maka tidak dilakukan pencabutan karena obat anastesi mengandung lidokain yang kontraindikasi terhadap pasien hipertensi.
Untuk keselamatan pasien. Jika pasien hipertensi dilakukan pencabutan maka pasien akan mengalami pendarahan yang hebat dan tidak menutup kemungkinan pasien akan mengalami syok.
Jadi, Sebelum anda mencabut gigi sebaiknya perlu dilakukan pemeriksaan tekanan darah. Hal ini bertujuan untuk mengetahui tekanan darah anda sebelum dilakukan pencabutan gigi. Apabila tekanan darah anda tinggi, pencabutan gigi tidak bisa dilakukan, karena apabila seseorang tekanan darahnya tinggi, aliran darah juga tinggi sehingga jika dilakukan pencabutan akan timbul pendarahan yang hebat, dan tidak menutup kemungkinan anda akan mengalami syok. Jadi, sebelum melakukan pencabutan gigi, hendaknya periksakan tekanan darah anda terlebih dahulu

0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 ILMU PENYAKIT UMUM All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.